Minggu, 07 Maret 2010

Hukum Di Indonesia

Pengertian hukum yaitu suatu aturan yang dibuat agar manusia dapat hidup dengan sebaik-baiknya . Hukum juga dibuat agar manusia tidak melakukan apa yang memang seharusnya tidak dia lakukan karena itu akan berakibat tidak baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Namun dalam kehidupan tidaklah begitu, hukum hanya menjadi bagian yang diketahui oleh manusia namun tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manusia yang melanggar hukum oleh karena itu manusia tersebut akan mendapat hukuman dari apa yang dilakukannya. Hukuman itu sendiri harusnya sesuai dengan apa yang diperbuatnya namun tidaklah begitu kenyataannya.

Hukum yang sebenarnya harunya dapat membuat manusia hidup dengan lebih baik karena adanya aturan-aturan yang menjaga manusia dari segala hal yang buruk. Tetapi akibat tidak mengertinya manusia akan pentingnya hukum itulah yang membuat manusia melanggar hukum dan akhirnya manusia tersebut menerima hukuman. Namun hukuman itu sering tidak sesuai dengan apa yang manusia itu lakukan. Hal itu dikarenakan banyak juga oknum-oknum yang dapat membuat semua menjadi mudah.

Banyak para pejabat pemerintahan yang melakukan tindak kejahatan seperti korupsi miliaran bahkan sampaui triliunan rupiah namun hukumannya begitu ringan. Tidak seperti rakyat kecil yang hanya mencuri ayam saja hukumannya begitu berat. Yang benar pun disini bisa menjadi salah akibat adantya penyalahgunaan hukum. Hal seperti inilah yang membuat hukum di Indonesia tidak dapat berjalan dengan baik dan hanya menjadi sebuah permainan saja. Bagi yang mempunyai uang atau kekuasaan maka akan mendapat perlakukan yang lebih baik daripada yang tidak.

Contohnya saja didalam penjara saja para tahanan yang mempunyai uang atau kekuasaan masih bisa menikmati hidupan seperti diluar tahanan. Didalam tempat tahanan saja seperti dirumanya sendiri seperti ada tv, ac, tempat karokean dan lain-lain. Oknum-oknum seperti itulah yang harus diberantas hukum terlebih dahulu agar tidak terjadi penyalahgunaan terhadap hukum itu sendiri. Dalam memberantas itu sendiri haruslah sampai ke akar-akarnya agar orang-orang yang menyalahgunakan hukum itu dapat diberantas dan dihukum seberat-beratnya dan tidak ada lagi penyalahgunaan hukum.

Jadi diharapkan pada para pejabat negara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan tidak menyalgunakan kekuasaan yang dipunya untuk dapat melakukan apapun itu. Diharapkan juga bagi para pejabat hukum agar dapat bertindak adil agar tidak ada yang dirugikan maupun diuntungkan dalam peradilan. Dan juga agar setiap manusia mendapatkan keadilan yang sama. Kita juga sebagai warga negara Indonesia harus mendukung hukum di Indonesia, ikut membantu memberabtas mafia-mafia hukum serta berbagai tindak kejahatan agar bangsa kita ini menjadi bangsa yang bersih dari kejahatan. Jika semua itu terjadi kita juga yang akan merasakan manfaat dari semua itu. Hukum di Indonesia pun tidak akan mudah untuk dipermainkan serta diperjual belikan bagi yang mempunyai uang dan kekuasaan. Oleh karena itu kita sebgai warga negara Indonesia yang baik harus menjalankan hukum yang ada dan tidak melanggar kalupun melanggar harus siap menerima sanksi yang akan diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar