Rabu, 27 April 2011

Struktur Pengulangan

For
Dalam bahasa pemrograman C++ untuk melakukan perulangan (looping) yang paling umum digunakan adalah pernyataan For. Pernyataan For berguna untuk melakukan perulangan (looping) terhadap satu atau sejumlah pernyataan.

For Bersarang
Kita juga bisa menuliskan pernyataan for di dalam penyataan for. Kontruksi semacam ini sering disebut dengan penyataan for bersarang. Perhatikan contoh berikut:

for x := 1 to 3 do
for y :=1 to 2 do
writeln (x, ‘ ‘ y);

Looping for yang luar (dengan pencacah variabel x) akan menjalankan looping yang dalam (dengan pencacah y) sebanyak 3 kali. Dan pada setiap pengulangan di layar akan dituliskan nilai x dan y. Berikut ini adalah keluaran dari program di atas:
1 1
1 2
2 1
2 2
3 1
3 2
Pada saat x bernilai 1, y diulang sebanyak 2 kali. Jadi pada layar akan tertulis 1 1 dan 1 2. Demikian juga pada saat x bernilai 2, y diulang sebanyak 2 kali. Jadi pada layar akan tertulis 2 1 dan 2 2. Hal yang sama terjadi pada saat x bernilai 3, y diulang sebanyak 2 kali. Sehingga pada layar tertulis 3 1 dan 3 2.

While
Perulangan while memiliki bentuk

while (suatu_kondisi)
perintah

perintah bisa juga berupa blok yang berisi kumpulan perintah-perintah di antara { dan }. perintah ini disebut juga dengan inti perulangan. Inti perulangan akan terus dieksekusi selama suatu_kondisi bernilai true. suatu_kondisi ini disebut juga penguji perulangan.

Repeat – Until
Pernyataan pengulangan ini hampir sama denganpernyataan pengulangan while, dan biasanya digunakanbila jumlah pengulangan belum dapat ditentukan padasaat program ditulis. Perbedaan pernyataan repeat..until dan while terletak pada letak pengecekan kondisi. Jika pada pernyataan while, kondisi dicek pada awal kalang, sedangkan pada pernyataan repeat..until, kondisi dicek pada akhir kalang. Perbedaan yang lain, bila pernyataan while mengulang pernyataan selama kondisi masih terpenuhi, pernyataan repeat..until mengulang pernyataan selam kondisi belum terpenuhi.

Referensi :
http://softekno.blogspot.com/
http://latifrudianto.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar