Senin, 28 November 2011

Jaringan Telekomunikasi 3G

Teknologi bergerak (mobile technology) atau kadang disebut juga teknologi nirkabel (wireless technology) saat ini semakin berkembang. Awal- awalnya hanya 1G yang hanya bisa dipakai untuk layanan telepon tanpa kabel saja. Selanjutnya masuk ke 2G yang disamping untuk telepon bisa juga untuk berkirim teks. 2G ini hingga sekarang masih yang paling populer digunakan di negeri kita ini. Perkembangan lebih lanjut dari 2G adalah 2.5G yang menggunakan teknologi GPRS, yang bisa mentransfer data jauh lebih cepat daripada koneksi GSM biasa. Selanjutnya teknologi GPRS dikembangkan lagi dan munculah teknologi EDGE, yang kemampuan transfer datanya jauh lebih cepat daripada GPRS. Inilah teknologi 2.75G.

Tidak lama sesudah 2.75G, muncul pula 3G yang sering disebut triji yang tentu saja kemampuan transfer datanya lebih cepat daripada 2.75G. Transfer data yang cepat pada 3G memungkinkan dilakukannya video call dengan baik. Teknologi bergerak alias teknologi nirkabel memang betul-betul berkembang dengan sangat pesat. Akibatnya, bumi ini terasa begitu kecil dan sempit. Seolah-olah tidak ada lagi sekat-sekat jarak. Komunikasi yang begitu hidup dalam bentuk audio-visual bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja

Aplikasi 3G

Informasi bandwidth dan lokasi yang tersedia untuk perangkat 3G menimbulkan aplikasi yang sebelumnya tidak tersedia untuk pengguna ponsel. Beberapa aplikasi adalah:

Kelebihan Jaringan 3G

  1. Perkembangan teknologi pita lebar bergerak menguntungkan baik untuk dunia bisnis, pemerintahan maupun perorangan, karena semakin baru teknologinya semakin besar data yang dapat dikirimkan dalam waktu yang lebih singkat. Jenis data yang dapat dikirimkan juga menjadi lebih beragam, tidak hanya huruf dan angka, tetapi juga gambar diam, gambar bergerak, dan suara.
  2. Perkembangan teknologi high speed data service seperti 3G ini sangat menguntungkan baik untuk dunia bisnis, pemerintahan maupun perorangan. Karena semakin baru teknologinya maka data yang dikirimkan akan menjadi lebih singkat.
  3. Jenis data yang dapat dikirimkan dengan koneksi 3G ini menjadi lebih beragam. Tidak hanya huruf dan angka, tetapi juga gambar diam, gambar bergerak, dan suara.

Kelemahan Jaringan 3G

  1. Membutuhkan investasi yang tidak sedikit untuk membagun jaringan 3G ini di berbagai tempat
  2. Masih perlu diperhatikan aspek keamanan dan aspek etika di dalam penggunaan teknologi yang baru. Karena dengan semakin maju teknologi yang diberikan, maka akan semakin rentan terhadap penyalahgunaan teknologi dalam penggunaanya

Ciri-ciri Sistem Komunikasi 3G

Sistim komunikasi nirkabel 3G ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

• memiliki standar yang bersifat global atau mendunia;

• memiliki kesesuaian atau kompatibilitas layanan dengan jaringan kabel lain;

• memiliki kualitas yang tinggi baik suara, data, maupun gambar;

• memiliki pita frekuensi yang berlaku umum di seluruh dunia;

• memiliki kemampuan penjelajahan ke seluruh dunia;

• memiliki bentuk komunikasi yang bersifat multimedia baik layanan maupun piranti

penggunanya;

• memiliki spektrum yang efisien;

• memiliki kemampuan untuk evolusi ke sistem nirkabel generasi berikutnya;

• memiliki laju data paket 2 Mbps perangkat yang diam di tempat atau terminal, 384 kbps

untuk kecepatan orang berjalan serta 144 kbps untuk kecepatan orang berkendaraan.

1 komentar: