Rabu, 04 November 2009

Pertambahan Penduduk dan Lingkungan Pemukiman


Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunannya. Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk. Kelahiran dan kematian dinamakan faktor alami sedangkan perpindahan penduduk adalah faktor non alami. Migrasi ada dua yaitu migrasi masuk yang artinya menambah jumlah penduduk sedangkan migrasi keluar adalah mengurangi jumlah penduduk. Migrasi itu biasa terjadi karena pada tempat orang itu tinggal kurang ada fasilitas yang memadai. Selain itu juga kebanyakan kurangnya lapangan kerja. Maka dari itu banyaklah orang yang melakukan migrasi.
Jakarta, sebagai ibukota Republik Indonesia pastinya menjadi tujuan dari semua penduduk di Indonesia. Kehidupan di Jakarta sepertinya mewakili dari semua kehidupan di Indonesia, hampir semua yang ada di Indonesia ada di Jakarta. Di Jakarta pula sebagaian orang menyabung hidup mencari sesuap nasi….
Dengana luas 740 km², dengan penduduk sekian ribu manusia, jakarta seakan akan lemari kecil yang dipaksakan memuat berbagai macam pakaian. Kepadatan di Jakarta sangat terasa ketika kita keluar dari rumah, terlihat rumah rumah berdempetan satu dengan yang lainnya, banyaknya gang gang kecil. Ketika menggunakan kendaraan akan lebih terasa padat, ini ciri khas Jakarta.
Lingkungan pemukiman di Jakarta ini tidak cukup baik karena masih banyak orang – orang yang tinggal di tempat yang tidak layak untung disinggahi seperti dipinggir kali. Orang – orang tersebut tidaklah sepantasnya tinggal ditempat seperti itu. Namun apalah daya itu semua disebabkan kurangnya perhatian dari pemerintah. Oleh karena itu diharapkan pemerintah dapat bertindak cepat untuk mengatasi masalah ini. Misalnya seperti memberikan pekerjaan dan memperbanyak lapangan pekerjaan. Semua itu dilakukan agar orang – orang tersebut bisa mendapatkan penghasilan sehingga dapat mempergunakan penghasilannya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar