Rabu, 03 Maret 2010

Mengapa Kita Harus Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia

Bangsa Indonesia lahir berkat perjuanagan yang cukup sulit oleh para pejuang bangsa yang berjuang sampai mereka mengorbankan diri mereka sendiri agar bangsa ini mencapai kemerdekaan. Lalu stelah sampai pada kemerdekaan saat ini pun sebenarnya bangsa ini masih tetap dijajah oleh bangsa lain namun tidak seperti dulu cara penjajahannya.Seharusnya kita bangga akan bangsa kita ini karena karena demi untuk mendapatkan kemerdekaan saja kita harus berjuang keras jadi tidaklah kita malah menganggap bahwa bangsa kita ini adalah bangsa yang payah dalam artian tidak bisa melakukan apa-apa.


Dari segi manapun sebenarnya bangsa ini tidaklah kalah dengan bangsa lain seperti dalam hal sumber daya alam yang ada di Indonesia. Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.


Bangsa kita dulu terkenal dengan rempah-rempahnya yang membuat bangsa-bangsa lain pergi ke Indonesia hanya untuk mendapatkan remapah-rempah itu. Selain itu kita punya sumber daya alam yang lain yaitu minyak bumi yang cukup besar. Hanya saja dalam pengelolaannya bangsa kita ini belum cukup mampu untuk mengelola sendiri maka dari itu kita membutuhkan bantuan dari bangsa lain untuk mengelola hasil dari minyak bumi itu yang mengakibatkan timbullah kerugian yang cukup besar karena bangsa lain yang mengelola itu menginginkan keuntungan yang besar.


Hal ini dikarenakan sumber daya manusia kita yang kurang terampil dan mempunyai kemampuan yang cukup untuk mengelola hasil dari minyak bumi itu secara sendiri. Padahal kalau saja sumber daya manusia kita cukup kompeten kita dapat mengelolanya sendiri, maka dari itu kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia seharusnya cinta dan bangga akan bangsa kita ini karena bangsa kita ini sebenarnya kaya akan segala hal namun akibat ketidakmampuan kita dalam melestarikan serta menjaga dan mengelolan semua itulah yang menyebabkan akhirnya bangsa ini menjadi bangsa yang kelihatannya lemah dan tidak bisa apa-apa.


Dalam segi budaya juga Indonesia mempunyai berbagai macam kesenian dan adapt istiadat dari berbagai macam daerah di Indonesia. Seperti tarian-tarian, kerajinan-kerajinan tangan itu Indonesia memiliki banyak sekali dan seharusnya kita juga turut dan ikut melestarikan semua itu dan menjaganya agar tidak di ambil oleh bangsa lain seperti yang sudah-sudah. Bangsa Indonesia juga memiliki system filsafat yang merupakan sutu system yang lengkap sebagai pandangan hidup bagi bangsa yaitu Pancasila. Dengan pancasila kita akan lebih baik lagi dalam menjalankan kehidupan dan kita akan melakukan semua hal dengan berfikir secara seksama agar tidak terjadi kesalahan dan kerugian nantinya.


Oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga akan bangsa kita dan tidak semestinya kita membenci bangsa kita ini karena kita juga berada dan tinggal di dalam bangsa ini bangsa yang seharusnya kita cintai dan banggakan. Karena dengan adanya rasa bangga kita akan lebih mensyukuri apa yang bangsa kita ini miliki dan kita juga akan ikut untuk menjaga serta melestarikannya.


Referensi :

http://organisasi.org/pengertian_sumber_daya_alam_dan_pembagian_macam_jenisnya_biologi

Buku Pendidikan Pancasila karangan Prof. Dr. Kaelan, M.S. Edisi Reformasi 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar