Rabu, 27 April 2011

Rekursi

Rekursi adalah konsep pengulangan yang penting dalam ilmu komputer. Konsep ini dapat digunakan untuk merumuskan solusi sederhana dalam sebuah permasalahan yang sulit untuk diselesaikan secara iteratif dengan menggunakan loop for, while do. Pada saat tertentu konsep ini dapat digunakan untuk mendefinisikan permasalahan dengan konsisten dan sederhana. Pada saat yang lain, rekursi dapat membantu untuk mengekspresikan algoritma dalam sebuah rumusan yang menjadikan tampilan algoritma tersebut mudah untuk dianalisa.
Rekursi adalah cara untuk menetapkan proses dengan dirinya sendiri. Lebih jelasnya (dan untuk menghalaukan penampilan kesirkularan dalam definisi), langkah-langkah "rumit" dari proses dijelaskan dengan langkah-langkah yang lebih "sederhana", dan kejadian yang paling "sederhana" diberi secara gamblang. Dalam bahasa pemrograman, rekursi berarti memanggil suatu fungsi dari dalam fungsi itu sendiri.
Rekursi merupakan teknik pemrograman yang menyebabkan suatu fungsi/prosedur memanggil dirinya sendiri. Pemanggilan diri sendiri ini berlangsung terus menerus sampai batas terkecil yang nilai dari fungsi tersebut disebutkan secara eksplisit. Salah satu contoh dari penerapan rekursi adalah perhitungan faktorial.

Referensi :
http://bc-omu.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar